eklan

Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan



Musim hujan telah tiba sejak desember sampai Januari 2013. Bahkan bencana banjir juga sudah melanda dibeberapa wilayah di Jabodetabek. Perlu stamina dan kondisi tubuh yang fit untuk tetap bisa beraktifitas dengan baik.



Penyakit yang sering diderita saat musim hujan adalah commond coldatau pilek, selesma. Common cold adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menyerang hidung, sinus dan saluran nafas besar.

Gejala yang sering muncul adalah hidung gatal, bersin-bersin dan pilek. Bisa disertai dengan batuk atau demam. Pengobatan yang diberikan berupa obat simptomatik untuk meringankan gejala penyakit, disertai dengan tirah baring (istirahat).

Secara umum tips untuk menjaga kesehatan dimusim hujan adalah :

1. Menjaga cairan tubuh
Minumlah minimal 8 gelas sehari untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh.

2. Makan makanan secara seimbang
Makan beragam makanan yang bergizi dan memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan antioksidan

3. Cukup istirahat dan tetap berolahraga
Pertahankan pola tidur efektif minimal 4-6 jam sehari untuk memulihkan kondisi tubuh dan tetap melakukan olahraga ringan untuk menjaga kebugaran tubuh, misalnya jalan santai, sit up atau pemanasan tubuh.

4. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat
Penularan penyakit akibat infeksi virus bisa dicegah dengan pola hidup bersih dan sehat yaitu membiasakan cuci tangan, menutup mulut dan hidung saat batuk dan  bersin, membuang ludah dan tissu pada tempat yang benar dan lain sebagainya.

Semoga tips diatas dapat bermanfaat. Salam sehat.

*Ditulis oleh : dr. Yeni Purnamasari – Manager Pelayanan Medis LKC Dompet Dhuafa


1 comment:

Powered by Blogger.